Sabtu, 04 Mei 2013

Review Umarex Beretta M 92 FS

Umarex M 92 FS wood grip


Sekilas

Handgun ini berat dan besar. Beratnya 1,26 kg, bahkan lebih berat dari realsteelnya yg cuma 0,95 kg (kosong tanpa ammo). Mungkin kurang cocok untuk tangan orang asia. Namun, Umarex ini memiliki panjang barrel lebih dari CP88, artinya power lebih besar (+25fps). Pada dasarnya semua organnya sama dengan produk pertama Umarex yg sangat populer itu, yaitu CP88. Cuma beda cassing saja.

Revolving Mag
 Sama seperti CP88, handgun ini full metal non blowback airgun, menggunakan Co2, single dan double action, 8 pellet, dengan mag revolver. Jadi ini adalah airgun revolver yg berbaju semi auto, hanya saja revolving mag-nya ngumpet di dalam slide.


Loading Co2
Untuk memasang gas sangat mudah, mekanismenya sama dengan CP88. Design sealnya juga bagus, punya saya sudah satu tahun lebih tidak bocor. Berbeda dengan mekanisme Baikal makarov dan semua produk KWC, yg merepotkan.


Marking

Umarex memegang lisensi asli dari Beretta. 
Marking slide kiri "PIETRO BERRETA GARDONE V.T." 
Logo "PB" dan "MOD. 92 FS - cal..177/4,5 mm"


Kualitas

Handgun ini full metal, dibuat di Jerman dengan kualitas yg bagus. Memang beberapa batch ada yg barrelnya jelek, karena dibor dengan bor yg sudah rusak, akibatnya akurasinya jelek.


Sebetulnya entah kenapa saya merasa bentuknya agak aneh kaku. Berbeda dengan beretta real-nya. Coba bandingkan sendiri deh. Saya memiliki beberapa airsoft beretta dari berbagai merek, tidak ada yg se-kaku ini bentuknya.

Bandingkan sendiri dua gambar di bawah ini.


Realsteel M92FS
Umarex M92fs
Dari awal saya sudah merasa designnya ada yg aneh. Sangat kaku, tidak mirip aslinya. Bagi saya WA M92FS perfect version lebih otentik di segala bidang, cuma sayang gak full metal.


Inner barrelnya dibuat dengan bor rusak
Sight belakang dapat disesuaikan dengan menggunakan kunci L. Secara berkala, sight belakang harus dikencangkan agar tidak godek. Ini wajar, terjadi karena getaran dari tembakan.


Rear Sight

Begitu pula dengan baut pas dibawah barrel dari depan. Secara berkala harus di kencangkan.

Antara frame, slide depan, dan barrel semuanya agak sedikit godek, kurang presisi. Tapi tenang saja, hal ini tidak berdampak signifikan terhadap akurasi. Terus terang banyak pemilik airgun ini yg dari Eropa kecewa terhadap kualitasnya.

Yah maklum saja deh, Eropa kan juga lagi krisis. Jadi Jerman yg negara kaya juga pasti kena imbasnya, karena dia anggota Uni Eropa.


Handling

Yah handgun ini besar gripnya jadi agak susah kalau digengam dengan satu tangan. Kalau dengan dua tangan OK. Beratnya airgun ini membuat kita berasa seperti memegang real gun, sangat kokoh. 

Namun karena besar dan berat, airgun ini kurang nyaman masuk holster di pinggang. Kedodoran mulu. 


FPS Test 

Claim oleh pabrikan 425 fps.

Suhu pengetesan 29 derajat celcius. Empat tembakan pertama single-action dengan Co2 baru, menggunakan pellet JSB Match Diabolo (0,52 gram) di ukur dengan chrono khusus airgun adalah:
 

Average: 408 fps
Tertinggi: 438 fps
Bawah: 390 fps

Bila menggunakan pellet Gamo Raptor (0,35 gram) fps-nya akan lebih tinggi. Mungkin tembus 470 - 490 fps dengan Gamo Raptor dan Co2 guarder.


Upgrade Power

Umarex tipe ini termasuk salah satu airgun Umarex yg bisa diupgrade (tune up) untuk ditingkatkan fps-nya. Beberapa tuner katanya bisa sampai 1000 fps. Cuma dari foto bukti yg tuner itu sertakan, mereka menggunakan chrono airsoft. Saya jujur tidak percaya bisa tembus 1000 fps. 1000 fps pada cal. 4,5mm hanya bisa ditembus airgun laras panjang. Karena panjang larasnya makanya gas bisa berekspansi penuh hingga mencapai fps maksimum. 


Akurasi

Enam tembakan dengan jarak 4,5 meter mendapatkan grouping 1,7 cm. Cukup bagus untuk airgun laras pendek. Meski kalah jauh akurasinya bila dibandingkan airsoft dengan design sejenis. Misalnya KSC M9 atau TM M9.




Ringkasan
 

Salah satu airgun Umarex yg sangat laris dipasaran, dengan kualitas yg tinggi buatan Jerman. Memiliki finishing cat yg bagus. Salah satu collector item yg pantas untuk di beli.

    
Sangat disayangkan safety nya tidak bisa meng-decock. Padahal banyak airsoft replica bisa melakukannya. Jadi yg dilakukan safety hanya memblock firing pin. Kita masih bisa menarik trigger, ketika hammer jatuh, tidak akan mengenai firing pin karena diblok oleh parts dari besi.

Lihat di depan hammer ada besi putih muncul

Versi grip kayunya sangat mahal, tetapi sangat bagus. Entah kenapa sampai sekarang saya tidak suka dengan versi silver. Terasa palsu bagi saya sih.


Keunggulan:
- Kualitas Jerman
- Marking otentik lisensi Beretta
- FPS standar tertinggi dr model lain
- Mampu diupgrade oleh orang Indonesia
- Salah satu best seller baik di lokal maupun dunia

Kekurangan:
- Berat 
- Slide-frame-barrel godek
- Tidak bisa decock safety-nya
- Design/ cetakannya tidak serupa aslinya

1 komentar: